Membuka Usaha Cetak Foto Digital

http://www.peluangusahapasti.net/2014/09/membuka-usaha-cetak-foto-digital.html


Untuk memulai membuka Usaha Cetak Foto Digital, langkah-langkah yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Komputer

Komputer sangat penting dan menjadi komponen utama dalam Usaha Cetak Foto Digital. Komputer bisa berbentuk PC (Personal Computer), Laptop atau Netbook. Untuk membuka Usaha Cetak Digital usahakan menggunakan Komputer yang memiliki Spesifikasi cukup tinggi, minimal Dual Core keatas. Komputer berfungsi untuk membuka file foto digital dari Kamera Digital maupun dari Handphone, untuk mengedit foto dan proses mencetak ke printer.

  1. Printer

Bagi Anda yang membuka Usaha Cetak Foto Digital, kehadiran Printer sangat vital karena Printer berfungsi untuk mencetak foto. Untuk mencetak Foto, Anda bisa menggunakan Printer LaserJet Warna maupun Printer InkJet. Menurut pengalaman kami, Printer Inkjet Epson merupakan salah satu pilihan jika mau membuka Usaha Cetak Foto Digital. Dengan berbagai kemudahan dan harga yang cukup ekonomis namun dengan hasil cetak yang bagus, Printer InkJet Epson bisa menjadi pilihan terutama untuk pengguna rumahan dan bisnis kecil-kecilan. Ada beberapa jenis Printer Epson yang kami rekomendasikan untuk Usaha Anda, diantaranya adalah Epson R230, Epson L110, Epson 210, Epson L300, Epson L350Epson L800 dan Epson T1100.

Selain Komputer dan Printer, Kamera Digital merupakan Perangkat Keras yang dibutuhkan dalam membuka Usaha Cetak Foto Digital. Namun pengadaan alat ini bisa menyusul. Kecuali jika Anda langsung membuka Usaha Studio Foto, adanya Kamera Digital bahkan Kamera DSLR menjadi prioritas utama. Kalau baru Usaha Cetak Foto Digital, Kamera Digital bisa menyusul.

Selain Kamera Digital, Scanner juga merupakan alat yang dibutuhkan dalam Usaha Cetak Foto Digital, meski tidak terlalu vital. Fungsi Scanner untuk men-scan gambar atau foto.


  1. Software Pengolah Gambar

Membuka Usaha Cetak Foto Digital tidak cukup hanya bermodalkan Perangkat Lunak (Komputer dan Printer) saja, tetapi juga membutuhkan Perangkat Lunak (Software). Perangkat Lunak yang umum dipakaidalam Usaha Cetak Foto Digital adalah Adobe Photoshop untuk mengedit foto dan ACDSee untuk melihat foto yang telah jadi atau disimpan dalam format JPG-JPEG.

  1. Template Foto

Template Foto (Wedding, Pre Wedding atau Ulang Tahun) berguna untuk membuat Album Foto Digital dengan berbagai macam model dan bentuk. Dengan Template Foto ini Anda tidak perlu repot-repot menyusun foto untuk dijadikan Album Digital yang nantinya kalau dictak membentuk susunan yang artistik. Template Foto ini bisa dibilang suatu keharusan yang harus dimiliki oleh para pemilik Studio Photo, Photografer dan Pengusaha Cetak Foto Digital. Penjelasan dan contoh Template foto bisa dilihat DISINI.

  1. Frame Photo Digital

Frame Photo Digital berfungsi untuk mempercantik Foto. Frame Photo Digital umumnya berformat PNG. Frame Photo Digital ini biasanya dipakai untuk mengedit Foto Pernikahan, Ulang Tahun dan Foto anak-anak. Penjelasan dan contoh-contoh Frame Photo Digital dapat dilihat DISINI.

  1. Backdrop / Background Photo Digital.

Apa itu Backdrop foto digital ? Secara umum, Backdrop adalah latar belakang atau background yang ada di dalam sebuah studio foto untuk mempermanis orang yang dipotret di depan latar belakang itu. Jadi kalau kita duduk di sebuah studio untuk dipotret, fotografer akan memilihkan backdrop atau latar belakang yang biasanya berbentuk kain untuk mengisi ruang kosong di sekitar wajah kita. Selain untuk mengisi ruang kosong, backdrop juga dipakai untuk mempercantik foto secara keseluruhan.

Di pasaran, Backdrop seperti itu sangat mahal harganya. Lagipula, coraknya sangat terbatas. Kalau Anda ingin menambah corak baru, maka Anda harus keluar uang lagi. Disini Anda bisa mendapatkan Backdrop dalam jumlah Ratusan dengan harga yang sangat murah. Penjelasan dan model-model Backdrop dapat dilihat DISINI

            Demikian peralatan yang dibutuhkan untuk membuka Usaha Cetak Foto Digital, Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses !