Peluang Usaha Cetak Digital


http://www.peluangusahapasti.net/2014/09/peluang-usaha-cetak-digital.html


Perkembangan teknologi semakin maju dan canggih, termasuk dalam bidang percetakan. Dulu kita hanya mengenal cetak teks dan gambar sederhana diatas media kertas. Proses pemotretan dan pencetakannya-pun tergolong cukup rumit. Harganya juga cukup mahal. Belum lagi waktunya, untuk melihat hasil pemotretan kadang harus menunggu 3 hari bahkan satu minggu.

Seiring dengan perkembangan jaman, terutama di era digital proses pemotretan dan pencetakan menjadi sangat mudah. Dengan hadirnya Kamera Digital dan makin maraknya HP berkamera yang dijual dengan harga murah, menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, seperti dengan membuka Studio Photo kecil-kecilan. Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi disain, huruf dan sebagainya sehingga dapat lebih menarik lagi. Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan professional. Media cetakpun tidak terbatas hanya menggunakan kertas namun bisa dicetak diatas media kaus, keramik, gelas atau mug, topi, jam, kayu, kalender gantung, dan sarung bantal. Hasilnya juga memuaskan setara dengan pencetakan di laboratorium, tahan air dan tahan lama. Desainnya pun tidak terbatas, Anda dapat memunculkan desain sesuai selera.

Biaya produksi dalam bisnis ini pun sangat murah, memungkinkan hasil produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau dengan tetap memberikan keuntungan yang maksimal. Apalagi pesaing yang relatif belum banyak, tentunya merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk merintis usaha ini secepatnya. Usaha cetak digital ini cocok dikembangkan di rumahan atau home industry, di pusat keramaian, di pusat perbelanjaan, di tempat bermain anak, di tempat wisata, dan daerah perkantoran.

Untuk memulai Usaha Cetak Digital tergolong sangat mudah dan murah.  Yang kita butuhkan hanya Komputer (PC, Laptop atau Netbook), Printer yang cocok untuk bisnis tersebut dan Piranti pendukung (Software, Template).


http://www.peluangusahapasti.net/2014/09/peluang-usaha-cetak-digital.html


Sebagai langkah awal memulai Usaha Cetak Digital, Bisnis Cetak Foto merupakan pilihan paling tepat dan paling mudah, Disini yang kita butuhkan sebagai pelengkapnya adalah koleksi desain frame foto atau bingkai foto yang unik dan keren, background atau backdrop dan Template Wedding Photo.

Membuka Usaha Cetak Digital itu sangat menguntungkan dan mudah untuk dirintis atau dijalankan, apalagi ditunjang dengan kegemaran atau hoby, pastinya bisnis ini akan terasa sangat menyenangkan.

Lalu, bagaimana cara memulai usaha percetakan digital ini?


Memulai Bisnis

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis ini, yaitu sebagai berikut.

  • Pilihlah lokasi yang sekiranya produktif, ramai, dan mudah diakses. Utamakan dekat dengan area keramaian, perumahan penduduk, dan lingkungan pendidikan.
  • Sekalipun tanpa keahlian desain, dengan tersedianya koleksi gambar-gambar (templates), pemrosesan cetak ini sangatlah mudah. Selain itu, pemrosesannya cepat. Anda tinggal mencetak gambar biasa ke atas kertas, kemudian ditransfer ke atas media yang diinginkan dengan menggunakan mesin yang sesuai.
  • Persiapkan seperangkat komputer beserta printer yang sesuai.
  • Tata ruangan tempat usaha Anda semenarik mungkin.


Strategi Bisnis

Ingin usaha Anda ini maju? Pahami beberapa strategi bisnis berikut.

  • Promosi yang gencar adalah hal utama yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis ini. Anda dapat melakukannya dengan menempel pamflet di daerah sekitar tempat usaha. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di tempat-tempat umum seperti halte bus dan angkot. Selain itu, lakukan promosi dan jalin kerjasama dengan berbagai pihak, misalnya sekolah, kampus, perusahaan, dan instansi serta lembaga tertentu yang mungkin akan membuat souvenir atau merchandise.
  • Berikan penawaran desain yang menarik, lucu, dan unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang hendak membuat cetakan pada media yang dikehendakinya
  • .Berikan harga diskon bagi konsumen yang melakukan pencetakan dalam jumlah massal.
  • Galilah kreativitas desain Anda dengan selalu meng-update desain-desain terkini yang sedang tren.
  • Untuk menarik pelanggan kalangan bawah Anda dapat membuat Promosi Paket Hemat. Misal Paket Hemat Cetak Foto Digital Rp.1.000,- (untuk ukuran 2x3, 3x4, 4x6) dan Pas Photo Kilat Rp.5.000,-  (ukuran dibawah 4R).


Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai Usaha Cetak Digital ?

  • Tempat Usaha
  • Kamera Digital. Kamera Digital diperlukan jika Anda juga membuka layanan Foto. Jika Anda hanya membuka layanan Cetak Foto Digital, sementara pengadaan Kamera Digital bisa menyusul.
  • Komputer (PC, Laptop atau Netbook).
  • Printer. Untuk memulai membuka usaha Cetak Digital Anda tidak harus membeli Mesin Cetak Digital yang harganya Puluhan bahkan Ratusan Juta Rupiah. Cukup menggunakan Printer Inkjet yang harganya sangat ekonomis namun menghasilkan hasil cetak yang tidak kalah dengan Mesin Cetak yang berharga mahal. Untuk printer kami sarankan menggunakan Printer Inkjet Epson. Bisa Epson R230, Epson L110, Epson L210, Epson L800, Epson L300, Epson L350 atau Epson T1100. Mengapa? Karena Printer Inkjet Epson memang merupakan Printer Khusus untuk mencetak foto. Hasilnya tidak kalah dengan hasil foto yang dicetak di laboratorium.
  • Software untuk mengedit foto. Yang paling banyak digunakan adalah Adobe Photoshop.
  • Template Album Wedding Photo format PSD. Template ini sangat penting untuk edit foto digital bukan saja untuk fotto Wedding (pernikahan) namun juga bisa dimanfaatkan untuk foto Pre Wedding, Ulang Tahun dan yang lainnya. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan foto-foto yang mau diedit menjadi Album Foto. Untuk mendapatkan Template Album Wedding Photo format PSD, Anda dapat mendapatkannya DISINI. Ada banyak Template Album Wedding Photo format PSD yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang Usaha Cetak Digital Anda
  • Frame Photo format PNG. Frame Photo ini berguna untuk membuat Foto Anda menjadi lebih menarik. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan / menempelkan  foto yang mau ditambah Frame. Untuk mendapatkan Frame Photo format PNG, Anda dapat mendapatkannya DISINI. Ada ratusan Frame Photo yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang Usaha Cetak Digital Anda.
  • Background Foto atau Backdrop Foto. Dulu, sebelum era Digital di setiap Studio Foto selalu terpampang bentangan kain lebar yang berfungsi sebagai baground foto. Harganyapun terbilang mahal. Bisa Anda bayangkan, sebuah lukisan tangan dengan lebar beberapa meter sudah terbayangkan uang yang harus kita keluarkan untuk membelinya. Sekarang, untuk mengawali membuka usaha Cetak Digital, Anda tidak harus membelinya. Era Digital telah mengubah menjadi semakin mudah.
Background Foto atau Backdrop Foto ini berguna untuk membuat Foto Anda menjadi lebih menarik. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda tinggal memasukkan / menempelkan  foto di depan Background / Backdrop yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan Background / Backdrop, Anda dapat mendapatkannya DISINI Ada banyak Background / Backdrop yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang Usaha Cetak Digital Anda.

Jika Anda mempunyai Komputer (PC, Laptop atau Netbook) dan Printer, manfaatkan barang milik Anda untuk sarana mencari uang. Sayang kalau tidak dimanfaatkan.

Ingin Usaha Cetak Digital Anda menghasilkan hasil yang lebih bahkan luar biasa dibandingkan hanya Cetak Foto ? Silakan klik DISINI.